CMS modules by everest poker.

Pelayanan Kesehatan Jiwa

Masalah kesehatan jiwa dapat dilihat dari 3 aspek yaitu dari perilaku, emosi, dan fungsi kognitif atau pikiran. Apabila tampak perubahan dalam ketiga aspek tersebut atau mungkin seseorang tampak ‘berbeda’ dengan orang lain dalam ketiga aspek tersebut bisa dikatakan terdapat masalah kesehatan jiwa atau timbul gejala gangguan jiwa.

Di klinik jiwa RS Imanuel tersedia pelayanan berupa konsultasi, pemeriksaan dan terapi, baik berupa pengobatan dan atau psikoterapi (terapi psikologis dengan modifikasi pikiran dan perilaku) bagi :
  1. Gangguan jiwa ringan sedang.
  2. Contoh gangguan jiwa ringan sedang misalnya gangguan cemas dan gangguan depresi. Gangguan cemas memiliki gejala-gejala seperti rasa khawatir berkepanjangan, sering takut, gelisah, dan banyak keluhan fisik (jantung berdebar, keringat dingin, badan gemetar, sakit kepala, perut kembung, dll). Gangguan depresi memiliki gejala-gejala seperti rasa sedih berkepanjangan, sering menangis, hilang minat terhadap aktivitas rutin, rasa mudah lelah, tidak bersemangat, sulit tidur, nafsu makan menurun, timbul rasa bersalah, tidak percaya diri, pesimis, konsentrasi menurun, badan sakit-sakit (sering sakit kepala, sakit perut, sesak, dll).
  3. Gangguan jiwa berat.
  4. Contoh gangguan jiwa berat adalah gangguan psikotik dan skizofrenia. Gangguan psikotik terjadi dalam kurun waktu yang singkat, sedangkan skizofrenia biasanya kronis atau menahun. Gejala-gejalanya antara lain bicara dan tertawa sendiri, diajak bicara tidak nyambung atau bicara kacau, dan terjadi perubahan perilaku yang drastic seperti tiba-tiba marah atau mengamuk, menyendiri, atau perilaku aneh di luar kebiasaan. Gangguan jiwa ringan sedang ataupun berat seperti contoh di atas dapat diobati bahkan disembuhkan bila penanganannya efektif dan tidak terlambat.
  5. Gangguan jiwa pada anak remaja, misalnya gangguan tingkah laku remaja, fobia sekolah, mengompol, hiperaktif, dan autis. Untuk gangguan jiwa pada anak ini dapat dilakukan skrining diagnosis dan apabila diperlukan dapat dilakukan pengobatan dan atau terapi perilaku.
  6. Masalah keluarga, bisa dilakukan konsultasi dan terapi keluarga (family therapy), masalah suami istri, bisa dilakukan terapi pasangan (couple therapy).
  7. Untuk masalah kecanduan atau ketergantungan napza, klinik jiwa melayani konsultasi baik bagi si pecandu juga bagi keluarganya.
  8. Tes psikologis yang disebut Tes Kesehatan Mental Indonesia (TKMI) yang merupakan pengembangan dari tes MMPI (Minnesota Multiple Personality Inventory) yang sudah banyak dipakai untuk skrining masalah kesehatan jiwa ataupun skrining kepribadian individu untuk kepegawaian (HRD). Selain TKMI juga terdapat beberapa inventori lain yang dipakai untuk membantu proses diagnosis gangguan jiwa.

Klinik jiwa RS Imanuel memfasilitasi komunitas "Welasih" yaitu support group (kelompok pendukung) penderita cemas & depresi. Aktivitas Welasih antara lain pertemuan berkala, ceramah/edukasi tentang kesehatan jiwa, diskusi & sharing.

Klinik jiwa RS Imanuel buka hari Senin s/d Jumat pukul 10.00 s/d 13.00 WIB (sabtu atau sore dengan perjanjian).

Fasilitas

  • Area Parkir yang luas
  • Food Court
  • Galeri ATM
  • Bakery
  • Ruang Tunggu Keluarga Pasien
  • Taman yang asri
  • Mini market

Hubungi Kami

RS Imanuel Way Halim

Jl. Soekarno Hatta No.1
Bandar Lampung
 
Telp : 0721-704900
Fax : 0721-704807
 

SMS center:

  • 081379550011
  • 085840637999
 
Email:
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Wednesday the 26th. Mengasihi semua, melayani semua
Copyright 2012

©