CMS modules by everest poker.

Mengenal Endoskopi Lebih Dekat

Created on Wednesday, 06 November 2013
dr. Tehar Karo Karo, SpPD
Internist RS Imanuel

 

Salah satu prosedur medis untuk mengidentifikasi masalah pencernaan atau penyakit di sekitar usus adalah pemeriksaan yang menggunakan alat Endoskopatau yang biasa disebut Endoskopi.Endoskopi adalah suatu cara untuk melihat bagian tubuh manusia secara langsung melalui mulut atau anus yang dikendalikan dari luar sehingga tidak merusak atau mencederai bagian tubuh. Pemeriksaan endoskopi dibagi dalam dua jenis, yaitu gastroskopi dan kolonoskopi. Gastroskopi dilakukan dengan memasukkan selang lewat mulut, sedangkan kolonoskopi dilakukan lewat anus. Alat ini memiliki kelebihan untuk melihat berbagai kelainan saluran pencernaan dengan akurat, seperti penyakit maag kronis, rasa tidak enak pada perut, pelebaran pembuluh darah saluran cerna, serta pendarahan saluran cerna atas dan bawah.
 
Tak hanya melihat, namun alat ini juga dapat mengobati secara langsung dengan memotong daging tumbuh yang mengganggu pada saluran cerna, mengikat pembuluh darah agar tidak pecah, menghentikan pendarahan pada saluran cerna, serta melebarkan bagian saluran cerna yang menyempit. Selain itu, alat ini pun berfungsi untuk mengambil sampel jaringan dalam (biopsy) apabila diperlukan untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Pasien tak perlu merasa khawatir dengan rasa sakit, karena endoskopi dapat dilakukan dengan atau tanpa anestesi (pembiusan). Gastroskopi memakan waktu ±½ jam. Sedangkan kolonoskopi memakan waktu ±½ - 1 jam. Untuk pasien rawat jalan, setelah prosedur dilakukan dapat langsung pulang. Minimalnya resiko tindakan ini dapat menjadi solusi untuk menegakkan diagnosa atau penyebab keluhan yang berulang-ulang pada masalah pencernaan.
 
Endoskopi dapat dilayani di RS Imanuel setiap Senin – Jumat sesuai perjanjian. Prosedur ini membutuhkan rekomendasi/rujukan dari dokter pemeriksa, bisa dari dalam atau dari luar RS Imanuel.
Biaya :
Gastroskopi ± Rp 2.400.000,-
Kolonoskopi ± Rp 3.000.000,-

(tarif dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Fasilitas

  • Area Parkir yang luas
  • Food Court
  • Galeri ATM
  • Bakery
  • Ruang Tunggu Keluarga Pasien
  • Taman yang asri
  • Mini market

Hubungi Kami

RS Imanuel Way Halim

Jl. Soekarno Hatta No.1
Bandar Lampung
 
Telp : 0721-704900
Fax : 0721-704807
 

SMS center:

  • 081379550011
  • 085840637999
 
Email:
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Thursday the 4th. Mengasihi semua, melayani semua
Copyright 2012

©