CMS modules by everest poker.

Mengenal Jenis-Jenis dan Manfaat Karbohidrat Bagi Tubuh

Created on Thursday, 24 September 2020
karbo
Manusia mengkonsumsi makanan untuk kelangsungan hidup.  Setiap makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung zat gizi yang bervariasi, di antaranya karbohidrat sebagai sumber energi utama manusia. Maka tidak heran bila karbohidrat menjadi porsi terbesar dalam makanan sehari-hari. Apa itu karbohidrat? Karbohidrat merupakan senyawa organik yang terdiri dari atom karbon, hidrogen dan oksigen yang digunakan sebagai bahan pembentuk energi. Sumber karbohidrat pada umumnya berasal dari padi-padian (serealia) seperti beras, umbi-umbian seperti singkong,kentang,  kacang-kacangan dan gula Hasil olahannya seperti bihun, mie, roti, tepung-tepungan dan selai, sirup.
 
Berdasarkan struktur molekulnya, karbohidrat terbagi menjadi 4, yaitu :
  1. Monosakarida Contohnya : glukosa, galaktosa dan fruktosa.
    1. Glukosa adalah gula terpenting bagi metabolisme tubuh sumbernya dari makanan atau dari hasil pencernaan. Contohnya yaitu buah-buahan, jagung manis, madu.
    2. Galaktosa  tidak terdapat dalam bentuk bebas di alam, tetapi terdapat pada bahan hewani yaitu air susu.
    3. Fruktosa adalah gula yang paling manis dibanding yang lain, contohnya buah-buahan, gula tebu, biasanya untuk pemanis.
  2. Disakarida terbentuk dari 2 monosakarida yaitu sukrosa, maltosa dan laktosa.
    1. Sukrosa dikenal sebagai gula meja dari sari tebu, gula bit dan molasses. Dalam usus halus, sukrosa akan dipecah menjadi fruktosa dan glukosa.
    2. Maltosa tidak terdapat dalam bentuk bebas dialam dan dipecah menjadi 2 glukosa, contohnya biji yang berkecambah.
    3. Laktosa adalah gula utama yang terdapat dalam susu, dan tidak terdapat dalam tanaman.
  3. Oligosakarida terdiri dari 3-9 molekul gula sederhana.
  4. Polisakarida adalah kumpulan dari unit-unit glukosa.
    1. Pati adalah karbohidrat yang tersimpan  dalam tanaman, ada 2 bentuk yaitu amolisa dan amilopektin. Kandungan kalori sama 4 kkal/gram sumber biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan serta buah yang belum matang.
    2. Dekstrin : pati - maltose - glukosa contoh sirup jagung.
    3. Glikogen terdapat hanya pada makanan hewani dalam jumlah yang sangat sedikit, tersimpan dalam hati dan jaringan otot kurang lebih 340g. Fungsinya menyuplai energi bagi jaringan tubuh.
    4. Selulosa tidak dapat dicerna, karena manusia tidak mempunyai enzim untuk mencernanya. Selulosa merupakan kerangka sel tanaman seperti pada buah-buahan, lapisan luar sayuran, tangkai dan daun serta lapisan luar biji-bijian dan kacang-kacangan.
    5. Hemiselulosa dapat dipecah dalam larutan asam diantaranya pectin dan agar-agar.
    6. Pectin terdiri dari buah-buahan matang, biji-biji buah, agar-agar dari rumput laut.Biasanya pectin digunakan untuk mengentalkan.
Fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia:
  1. Sebagai bahan bakar untuk menghasilkan energi, karena tubuh membutuhkan energi siap pakai dan konstan terutama glukosa.
  2. Sebagai pengatur metabolisme lemak. Mencegah terjadinya oksidasi lemak dari penumpukan badan-badan keton dan keasaman pada darah (asidosis).
  3. Sebagai penghemat protein. Protein berfungsi sebagai pembangun jaringan tubuh dapat berjalan bila kebutuhan karbohidrat dipenuhi.
  4. Sebagai penyuplai energi otak dan saraf. Glukosa satu-satunya sumber energi utama otak dan susunan syaraf. Dalam keadaan normal (tidak lapar) otak dan syaraf memerlukan sekitar 150g glukosa setiap hari. Apabila glukosa darah turun jauh di bawah normal, maka kita akan merasa pusing dan kepala terasa ringan.
  5. Sebagai tempat penyimpanan glikogen. Glikogen merupakan bentuk simpanan karbohidrat. Glikogen dalam otot digunakan langsung untuk kecukupan energi, sedangkan glikogen di hati berfungsi mempertahankan kadar glukosa darah.
  6. Sebagai pengatur peristaltik usus dan pemberi muatan sisa makanan. Serat (selulosa dan hemiselulosa) mengatur peristaltik usus dan mencegah terjadinya konstipasi. Selulosa berfungsi menyediakan bahan yang tidak dapat di cerna, Sedangkan, hemiselulosa berfungsi menyerap air dalam usus, sehingga memberi volume pada feses (kotoran) manusia.
Nilai energi karbohidrat yaitu dalam 1 gram karbohidrat terdapat 4 kalori (4 kkal). Kebutuhan asupan karbohidrat  menurut WHO 55%-75% dari total konsumsi energi diutamakan karbohidrat kompleks dan sekitar 10% dari karbohidrat sederhana serta serat 27-40 g perhari untuk menjaga kesehatan optimal.
Lalu, apakah diperbolehkan diet dengan tidak mengkonsumsi karbohidrat? Menurut Kepala Instalasi Gizi RSIM, Edwin, AMG., RD, Diet dengan tidak sama sekali mengkonsumsi karbohidrat tidak baik bagi tubuh apalagi bila dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Karena secara alamiah tubuh akan menggunakan karbohidrat sebagai energi utamanya.
 
Diet yang menghindari karbohidrat tentu akan mengganggu irama alamiah tubuh karena harus menggunakan energi dari sumber lain seperti lemak dan protein (gangguan keseimbangan tubuh karena asupan dalam tubuh kurang lengkap). Bila sumber karbohidrat tidak ada, tubuh akan membakar lemak (oksidasi lemak) dan menyebabkan penumpukan badan-badan keton serta keasaman pada darah (asidosis). Bila masih kurang maka protein yang berfungsi sebagai pembangun jaringan tubuh akan di pecah. Biasanya dalam jangka pendek efeknya menjadi kelelahan drastis, sakit kepala, sembelit ataupun diare, dan bila dilakukan dalam jangka panjang dapat beresiko kekurangan zat gizi seperti vitamin dan mineral, meningkatkan resiko tulang keropos, serta gangguan pencernaan. Kebiasaan diet lain ada juga yang tidak melakukan sarapan dan ada juga yang tidak makan. Hal ini kurang baik dilakukan. Manusia harus tetap makan, karena 2-4 jam setelah makan terjadi pengosongan lambung, sehingga lambung harus diisi baik itu makanan kecil atau makan utama. Tubuh membutuhkan glukosa secara terus menerus untuk kerja otot dan otak. Hasil studi jika hal ini tetap dilakukan, dapat meningkatkan resiko sakit jantung, diabetes (resisten insulin), metabolisme terganggu, dan kinerja otak menurun.
 
Dalam sehari, sebaiknya manusia makan sebanyak 3 kali sehari dengan diselingi makanan kecil. Karena dalam 2 sampai 4 jam terjadi pengosongan di lambung, sehingga idealnya harus makan pagi, siang dan sore di antaran waktu makan utama boleh diberikan makanan kecil/snack. Untuk konsultasi gizi lebih lanjut Bapak/Ibu dapat melalui RS Imanuel Way Halim. Karena RSIM telah membuka pelayanan Gizi Klinis. Pada masa pandemi ini, RSIM menerapkan prosedur tetap penanganan covid-19 antara lain penggunaan APD yang standar pada petugas kesehatan, pengaturan akses masuk dan screening atau pemeriksaan suhu badan setiap orang yang masuk. Jika ada keluhan demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan dan kecurigaan terhadap Covid-19 akan diarahkan ke klinik ISPA. Jika tidak ada keluhan baru diijinkan masuk ke klinik yang dituju. RSIM juga telah memisahkan klinik biasa dengan klinik pasien dengan kecurigaan Covid-19. Jadi jangan takut memeriksakan diri ke RSIM karena tempat pemeriksaan untuk yang dicurigai Covid-19 dan pasien biasa dilakukan pada tempat yang berbeda.
 
 

Fasilitas

  • Area Parkir yang luas
  • Food Court
  • Galeri ATM
  • Bakery
  • Ruang Tunggu Keluarga Pasien
  • Taman yang asri
  • Mini market

Hubungi Kami

RS Imanuel Way Halim

Jl. Soekarno Hatta No.1
Bandar Lampung
 
Telp : 0721-704900
Fax : 0721-704807
 

SMS center:

  • 081379550011
  • 085840637999
 
Email:
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Tuesday the 1st. Mengasihi dan Melayani
Copyright 2012

©