CMS modules by everest poker.

Training Penanganan Bencana

Created on Saturday, 18 May 2013
training
Sebagai negara kepulauan, Indonesia mempunyai potensi kejadian bencana alam seperti gempa, tsunami dan gunung meletus. Namun berbagai bencana yang sering terjadi di beberapa wilayah membuat kita sadar bahwa keadaan darurat tidak hanya disebabkan oleh bencana alam, namun juga akibat ulah manusia seperti banjir, longsor, kebakaran hutan, konflik sosial dll. BPD-GGBI (Badan Pengurus Daerah-Gabungan Gereja Baptis Indonesia) Lampung bekerjasama dengan Yayasan Rebana Indonesia berinisiatif mengambil bagian dalam upaya meningkatkan kewaspadaan dan kesiagaan menghadapi bencana dengan menyelenggarakan Pelatihan Bencana. Kegiatan yang bertempat di RS Imanuel Way Halim Bandarlampung tersebut sudah dimulai November 2012 dan diikuti oleh perwakilan warga dan pimpinan gereja-gereja di wilayah Lampung, mahasiswa Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang dan karyawan RS Imanuel.
 
Yayasan Rebana Indonesia yang memiliki visi “to bring back the joy” membagikan pengetahuan dasar tentang bencana, kondisi darurat, langkah-langkah pengelolaan dan berbagai pengalaman Rebana dalam menangani kondisi bencana di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Pada tanggal 3 Mei 2013, materi yang diusung adalah Manajemen Penanganan Bencana. Peserta tidak hanya menerima teori namun juga mempraktikkan bagaimana caranya melakukan pengkajian kebutuhan saat bencana, melakukan koordinasi dengan pihak terkait, membuat perencanaan hingga membuat laporan kegiatan yang telah dilakukan.
 
Pada kegiatan ketiga yang dilaksanakan tanggal 17 – 18 Mei 2013, panitia mengundang Basarnas propinsi Lampung untuk memperkenalkan kepada peserta tentang teknik dasar Search dan Rescue. Peserta diperbolehkan melihat dan mencoba langsung beberapa peralatan tim rescue yang sering dipergunakan saat penyelamatan. Walaupuan dibawah terik matahari di lapangan RS Imanuel, peserta tetap menunjukkan minat yang tinggi dalam mempraktikkan teknik penyelamatan korban dan melakukan tindakan-tindakan pramedis seperti pembidaian dan terapi oksigen. Selain keselamatan penyintas/korban bencana, peserta juga diajarkan untuk memperhatikan aspek keselamatan diri dan tim penolong.
 
Kegiatan sejenis akan terus diselenggarakan pada waktu yang akan datang dengan materi-materi yang lebih spesifik seperti penanganan dampak psikososial bencana, program pendidikan anak dan program kesehatan. Sebagai masyarakat potensial, RS Imanuel berkomitmen untuk terlibat dalam aksi-aksi penyelamatan korban bencana sebagai tim kesehatan. Perawat, dokter, tim ambulans dan karyawan RS Imanuel yang telah terlatih bersedia bekerjasama dengan Yayasan Rebana Indonesia dan pihak-pihak terkait lainnya untuk melayani sesama yang membutuhkan pertolongan akibat bencana.
 

Fasilitas

  • Area Parkir yang luas
  • Food Court
  • Galeri ATM
  • Bakery
  • Ruang Tunggu Keluarga Pasien
  • Taman yang asri
  • Mini market

Hubungi Kami

RS Imanuel Way Halim

Jl. Soekarno Hatta No.1
Bandar Lampung
 
Telp : 0721-704900
Fax : 0721-704807
 

SMS dan Whatsapp center:

  • 081379550011
 
Email:
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Thursday the 28th. Mengasihi dan Melayani
Copyright 2012

©