CMS modules by everest poker.

RSIM Adakan Simulasi Kode Merah di Ruang Isolasi Covid-19

Created on Monday, 31 May 2021

 

kode merahRSIM Bandar Lampung mengadakan kegiatan simulasi penanggulangan bencana kebakaran dan evakuasi pasien pada masa pandemic covid – 19. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2021 jam 16.00 yang melibatkan 35 orang karyawan, terdiri dari perawat, satpam, cleaning service, regu pemadam, manajer hingga direktur.  Simulasi dilakukan diruang Bougenvil gedung  lama. Kegiatan ini bertujuan menguji tingkat pemahaman serta ketrampilan petugas dalam kesiapsiagaan tanggap darurat, kehandalan sarana dan prasarana terutama sistem pemadam kebakaran.
 
Kegiatan dipimpin oleh Ketua Komite Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3RS) RS Imanuel, Ibu Kusuma Dewi Palupi. “RS Imanuel berusaha mewujudkan sebuah RS yang aman dan siaga bencana, oleh karena itu meskipun dalam kondisi pandemi, simulasi ini tetap dilaksanakan,” demikian penjelasan Ibu Kusuma. Kebakaran adalah suatu jenis keadaan darurat yang berpotensi menjadi bencana , bisa terjadi dimana dan kapan saja. Kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran menjadi point penting dalam mengontrol dan mengantisipasi kebakaran agar tidak meluas dan dampaknya minimal. Kuncinya adalah safe condition and action yaitu peralatan dalam keadaan baik dan siap digunakan serta petugas yang terlatih sigap menggunakan alat sehingga penanggulangan bencana berjalan dengan baik, imbuhnya.
 
Dalam kegiatan ini digambarkan seolah – olah terjadi kebakaran di ruang perawatan pasien Covid. Perawat mempraktikkan prosedur menyelamatkan pasien serta memadamkan api dengan APAR ( Alat Pemadam Api Ringan ) dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan infeksi. Satpam membantu memadamkan api dan evakuasi pasien serta alat-alat medis penting serta mengkondisikan titik kumpul aman dari orang-orang yang tidak berkepentingan. Semua tim mempraktikkan prosedur penggunaan alat pelindung diri yang tepat serta pelaporan dalam bencana melalui komunikasi yang efektif. 
Peserta mengikuti kegiatan ini dengan antusias, kegiatan berjalan dengan lancar dalam waktu 1 jam 11 menit. Komite K3RS menugaskan observer di beberapa titik strategis agar dalam mengevaluasi ketepatan pelaksanaan prosedur. Di akhir kegiatan dilakukan evaluasi bersama sehingga para peserta mengetahui kekurangan selama evakuasi.
#StaySafeAndHealthy

Penulis: Dian

 

Fasilitas

  • Area Parkir yang luas
  • Food Court
  • Galeri ATM
  • Bakery
  • Ruang Tunggu Keluarga Pasien
  • Taman yang asri
  • Mini market

Hubungi Kami

RS Imanuel Way Halim

Jl. Soekarno Hatta No.1
Bandar Lampung
 
Telp : 0721-704900
Fax : 0721-704807
 

SMS center:

  • 081379550011
  • 085840637999
 
Email:
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Friday the 22nd. Mengasihi dan Melayani
Copyright 2012

©