CMS modules by everest poker.

Seminar dan Gathring Thalasemia

Created on Friday, 13 March 2020
ThalesemiaRumah Sakit Imanuel Bandar Lampung menggelar acara Seminar dan Gathering Thalasemia di Aula RS Imanuel Bandar Lampung, Rabu (11/3/2020).
 
Kegiatan bertujuan untuk mendengar masukan dari berbagai stakeholder dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan bagi pasien penyandang thalasemia. "Melalui kesempatan ini kepala puskesmas, PMI, dan instansi terkait agar kita saling memberikan masukan untuk memperbaiki pelayanan yang lebih baik bagi para penyandang thalasemia," kata dr. Rogatianus Bagus Pratignyo, M. Kes., Sp.A .(K) Hemato-Onkologi selaku ketua pelaksana. 
Melalui kegiatan ini Direktur RS Imanuel dr. Daniel Novian Dharma Setia Budi, MARS berharap dapat membantu pasien sesuai dengan visi rumah sakit menjadi Rumah Sakit yang membawa sukacita (Joyfull Hospital),"terangnya."
 
Dengan adanya kegiatan ini kami berharap pasien dapat terbantu lebih baik lagi. Tidak hanya pasien dari Bandar Lampung tetapi juga seluruh masyarakat di Lampung. 
Kita diskusi dan membantu itu lebih baik sesuai dengan visi rumah sakit Menjadi Rumah Sakit yang membawa sukacita (Joyfull Hospital)," terangnya.
 
Kegiatan tersebut diisi dengan penyampaian materi dan diskusi yang disampaikan oleh dr. Rogatinus Bagus Pratignyo, M. Kes., Sp.A .(K) Hemato-Onkologi . Dan Laurensia Yuli Fajar Wati, Amd Kep. Dalam paparannya dr. Bagus Sp. A (K) Hemato-Onkologi menjelaskan apa itu Thalasemia, gejala, dan pengobatannya. "Thalasemia merupakan kelainan darah bawaan yang ditandai oleh anemia karna kurangnya rantai globin pada hemoglobin dan jumlah sel darah merah dalam tubuh akan kurang dari normal," terangnya"
Jika kedua orang tua membawa sifat  Kemungkinan mendapatkan anak dengan thalasemia mayor adalah 25 persen, 50 persen pembawa sifat thalasemia,  dan 25 persen normal pada setiap kehamilan," jelasnya" Apabila salah seorang dari kedua orang tua membawa sifat maka akan mendapatkan 50 persen normal dan 50 persen pembawa sifat," sambungnya. "Apabila kedua orang tua membawa penderita thalasemia mayor maka akan mendapatkan anak 100 persen adalah thalasemia mayor" terangnya.
 
Gejala thalasemia bervariasi seperti anemia dan mudah lelah. "Penderita thalasemia mengalami gejala yang bervariasi seperti pucat, Hemoglobin rendah, anemia yang membuat penderitanya merasa mudah lelah dan lemas," kata dr. Bagus Sp. A (K) Hemato-Onkologi. Pengobatan thalasemia diperlukan perawatan rutin untuk mencegah munculnya dampak pada gangguan hormon pertumbuhan. "Pengobatan perlu transfusi darah secara rutin yang terbaik kalau bisa mempertahankan hb di nilai 9 g/dl sampai 10 g/dl dan bila hb <9 g/dl maka akan mengakibatkan anemia kronik yang berdampak pada gangguan hormon pertumbuhan," kata dr. Bagus,Sp.A (K) Hemato-Onkologi.
 
Dengan transfusi rutin dan minum obat kelasi besi akan meningkatkan harapan hidup lebih baik. "Harapannya dengan transfusi rutin dan minum obat kelasi besi sehingga  harapan hidup lebih dari 20 tahun," jelasnya. Tidak hanya pengobatan baik medis dan non medis, Thalasemia juga diperlukan diagnosis yang tepat. "Thalasemia memiliki dampak yang luas dan tatalaksana yang komprehensif tidak hanya pengobatan medis dan non medis serta diagnosa yang tepat,"
Sementara itu Laurensia Yuli Fajar Wati, Amd. Kep selaku perawat pasien thalasemia mengungkapkan beberapa keunggulan RS Imanuel dalam melayani pasien. "Keunggulan RS kami untuk pelayanan thalasemia :
1.Pasien di visit oleh dr. Rogatianus Bagus Pratignyo, M. Kes., Sp.A .(K) Hemato-Onkologi.
2. Dirawat oleh perawat bersertifikat thalasemia Laurensia Yuli Fajar Wati, Amd Kep.
3.Transfusi menggunakan bedside filter tanpa biaya tambahan untuk pasien Bpjs," jelasnya. 
Selain itu pelayanan pasien didukung dengan ruang pelayanan yang nyaman dan ramah anak . "Pelayanan dari senin dan rabu pasien di harapkan datang pagi. Fasilitas ruang thalasemia yang nyaman dan ramah anak dilengkapi AC, dan TV," jelas Lauren. Saat ini RS Imanuel juga selalu siap memberikan kebutuhan kelasi besi sesuai dengan kebutuhan pasien. "Sejauh ini kami dapat memberikan kebutuhan kelasi besi sesuai kebutuhan pasien," pungkasnya. 
 
Berita ini juga di rilis (Tribunlampung.co.id/Ahmad Robi)

 

Fasilitas

  • Area Parkir yang luas
  • Food Court
  • Galeri ATM
  • Bakery
  • Ruang Tunggu Keluarga Pasien
  • Taman yang asri
  • Mini market

Hubungi Kami

RS Imanuel Way Halim

Jl. Soekarno Hatta No.1
Bandar Lampung
 
Telp : 0721-704900
Fax : 0721-704807
 

SMS center:

  • 081379550011
  • 085840637999
 
Email:
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Thursday the 22nd. Mengasihi semua, melayani semua
Copyright 2012

©