CMS modules by everest poker.

RSIM ADAKAN SIMULASI TANGGAP BENCANA

Created on Wednesday, 04 March 2020

 

bencana

RSIM, Bandar Lampung - Sebanyak 75 orang peserta yang terdiri dari Satuan Petugas Pemadam Kebakaran, Satuan Petugas Evakuasi, dan Tim Instalasi Gawat Darurat RS Imanuel Way Halim, ikut terlibat dan berpartisipasi dalam kegiatan "Simulasi Tanggap Bencana" pada Sabtu (29/02/2020);

Acara kegiatan pelatihan dibuka oleh Wadir Umum dan Keuangan yang juga sekaligus Ketua K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) RS Imanuel, Ibu Kusuma Dewi Palupi, S.ST., M.Kes. “Kegiatan Simulasi Tanggap Bencana bagi karyawan RS Imanuel ini dilakukan dalam setiap tahun. Tahun-tahun sebelumnya hanya 1 kondisi darurat yaitu kebakaran. Tahun ini kami menyelenggarakan 3 kondisi darurat sekaligus, yaitu kebakaran, gempa bumi, dan henti jantung.”, jelas Ibu Kusuma.

Simulasi Tanggap Bencana ini dilakukan untuk melatih kesiapsiagaan Rumah Sakit dalam mengahadapi situasi darurat seperti bencana, korban missal, gempa, dan kebakaran. Dalam situasi darurat sangat mudah terjadi kekacauan karena panic, sehingga membuat situasi semakin kacau. Dengan adanya simulasi ini, diharapkan para peserta memiliki pengalaman seolah-olah mengalami kejadian yang serupa, hal ini disampaikan Ibu Kusuma.

Simulasi Tanggap Bencana bagi karyawan RSIM ini dimulai dengan penjelasan skenario lalu dilanjutkan dengan simulasi. Skenario pasien disiapkan sebanyak 20 orang sehingga seolah-olah seperti kejadian sesungguhnya. Ada petugas yang menghitung waktu dari mulainya waktu simulasi sampai target waktu selesai. Para peserta harus bisa mempraktikkan cara evakuasi pasien dari gedung bertingkat, melakukan triase di titik kumpul, menyiapkan IGD di luar gedung dan memadamkan api dengan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan Hydrant. Yang tidak kalah penting adalah mempraktikkan sistem komunikasi sehingga mekanisme penanggulangan bencana bisa diaktifkan. Di akhir kegiatan juga dilakukan evaluasi bersama, sehingga para peserta mengetahui kekurangannya selama dilakukan simulasi.

Keseluruhan kegiatan berjalan lancar dan diikuti dengan serius oleh para peserta. Meskipun ada beberapa tindakan yang belum sesuai standar, namun kemungkinan disebabkan oleh rasa panik. “Kedepannya, diharapkan kegiatan simulasi ini bisa terselenggara dengan jumlah peserta yang lebih banyak”, ujar Ibu Kusuma

RS Imanuel Way Halim telah membentuk komite khusus K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) sebagai bagian dari wujud pelaksanaan peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan kerja, serta kapasitas sumberdaya manusia dalam kesiapsiagaan bencana, melalui simulasi tanggap bencana.

#BudayaSadarBencana

 

 

Fasilitas

  • Area Parkir yang luas
  • Food Court
  • Galeri ATM
  • Bakery
  • Ruang Tunggu Keluarga Pasien
  • Taman yang asri
  • Mini market

Hubungi Kami

RS Imanuel Way Halim

Jl. Soekarno Hatta No.1
Bandar Lampung
 
Telp : 0721-704900
Fax : 0721-704807
 

SMS center:

  • 081379550011
  • 085840637999
 
Email:
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Thursday the 4th. Mengasihi semua, melayani semua
Copyright 2012

©