CMS modules by everest poker.

RS Imanuel Pertama kali Lakukan Operasi Katarak pada Bayi

Created on Wednesday, 18 September 2019
Rumah Sakit Imanuel saat ini terus berbenah dalam meningkatkan pelayanannya. Rumah sakit dengan Akreditasi Paripurna versi SNARS ini memiliki fasilitas Klinik Mata Anak (Oftalmologi pediatrik) bagi masyarakat.
 
Klnik Mata Anak (Oftalmologi pediatrik) adalah salah satu cabang ilmu kesehatan mata yang mempelajari perkembangan fungsi penglihatan anak dan kesehatan mata anak.
 
Gangguan mata dapat terjadi kapan saja selama masa kanak-kanak, dan sedini mungkin diperlukan penanganan untuk kelainan perkembangan fungsi penglihatan guna mencapai hasil optimal serta mencegah komplikasi.
 
Bagian klinik oftalmologi pediatric Rumah Sakit Imanuel menangani berbagai macam gangguan mata pada anak seperti: Nistagmus (mata bergoyang), Katarak anak, Mata seperti mata kucing/ tumor mata pada anak, Retinopati prematuritas (kelainan retina mata pada bayi premature), Sering berkedip, Mata berair, Mata juling, serta Mata merah
 
Pengobatan juga dilakukan pada beberapa gangguan penglihatan anak seperti: Memicingkan mata, Melihat tidak focus, Melihat sesuatu dengan jarak dekat (contohnya televisi atau buku), Memiringkan kepala atau mendongak saat melihat, Mengerutkan dahi saat melihat, Sering menabrak atau tersandung, Mengucek mata, Menutup salah satu mata, maupun Sering pusing.
 
Selain fasilitas yang senantiasa dikembangkan, peningkatan pelayanan juga dibuktikan melalui kompetensi dokter dimana RS Imanuel saat ini sudah bisa melakukan tindakan operasi katarak pada anak.
 
Katarak adalah penyakit yang lazim diderita oleh  orang tua. Namun, ternyata katarak juga bisa diderita oleh anak-anak bahkan bayi, seperti yang dialami oleh bayi A. Bayi berusia hampir 2 tahun ini divonis menderita katarak pada kedua matanya, sehingga ia harus menjalani operasi katarak. 
 
Operasi pada mata kanan bayi A telah dilakukan baru-baru ini oleh dr. Indah Sp.M di RSIM. 
Menurut dr. Indah Sp.M., “Katarak pada bayi merupakan penyakit bawaan sejak lahir. Kemungkinan dikarenakan infeksi virus atau parasit seperti Toxoplasma dan Rubella”. 
 
Menurut dr.Indah, untuk pencegahan sebaiknya dilakukan pemeriksaan TORCH (Toxoplasmosis, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes) sebelum menikah atau saat kehamilan. 
 
Beberapa Gejala yang timbul pada bayi yang terkena katarak yaitu: Terdapat bintik putih atau keabuan di tengah pupil matanya serta Gerakan mata tidak terkontrol, bola mata bergerak ke arah yang berbeda atau juling; 
 
Gejala lain adalah Kepekaan menurun pada lingkungan sekitar, misalnya tidak merespon wajah orang atau benda yang ada di hadapannya; dan Mata anak yang menyipit saat terkena sinar matahari, serta cenderung rewel.
 
Katarak dapat menyebabkan kebutaan, dikarenakan kekeruhan pada lensa mata sehingga menghalangi cahaya masuk ke retina. Untuk mencegah kebutaan pada anak, biasanya dokter akan melakukan pembedahan mata. Namun ada juga sebagian kecil penderita katarak anak yang tak perlu merasakan meja operasi.
 
Nah Parents, segera hubungi dokter jika menemukan gejala-gejala ini pada bayi Anda agar mendapat penanganan yang tepat sebelum terlambat.
 
Praktek Klnik Mata dr. Indah Puspajaya, SpM Rumah Sakit Imanuel Way Halim buka pada hari Senin, Rabu, Jumat & Sabtu setiap minggunya. Dan beroperasi pada pagi hari, pukul 10.00-14.00 WIB, dan Sore hari pukul16.00-18.00 WIB.
 
Informasi terkait pemeriksaan kesehatan terhadap Ibu hamil serta pemeriksaan katarak untuk dewasa dan anak-anak  dapat menghubungi Customer Service di 0813-7955-0011.

Fasilitas

  • Area Parkir yang luas
  • Food Court
  • Galeri ATM
  • Bakery
  • Ruang Tunggu Keluarga Pasien
  • Taman yang asri
  • Mini market

Hubungi Kami

RS Imanuel Way Halim

Jl. Soekarno Hatta No.1
Bandar Lampung
 
Telp : 0721-704900
Fax : 0721-704807
 

SMS center:

  • 081379550011
  • 085840637999
 
Email:
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Tuesday the 19th. Mengasihi semua, melayani semua
Copyright 2012

©