CMS modules by everest poker.

Seminar Asma-Sudahkah asma saya sembuh?

Created on Monday, 03 September 2018

 

Asma merupakan penyakit kronis di saluran pernafasan yang ditandai dengan sesak nafas,batuk serta nafas berbunyi (mengi).“Sesak nafas merupakan gejala yang paling sering membawa penderita ke dokter. Tetapi sesak nafas tidak melulu berarti asma, sesak nafas dapat disebabkan oleh penyakit jantung, paru atau penyakit lainnya” Ujar dr. Haryono Sp.PD saat memberikan materi dalam seminar Awam, Sabtu (01/09).Serangan asma sering berulang dan sangat erat kaitannya dengan faktor pencetus atau alergi yang menimbulkan asma.“Beberapa faktor pencetus serangan asma adalah debu, tungau, asap rokok, kecoa, jamur, paparan bulu hewan peliharaan, serbuk sari dan beberapa faktor lainnya. Jika faktor pencetus tersebut dapat dikendalikan, maka serangan asma pun dapat dicegah” Ujarnya dalam seminar tersebut.

Hal serupa pun disampaikan oleh dr. Fajar Raditya Sp.PD dalam seminar yang sama dengan topik bahasan pengobatan asma.“Tujuan dari pengobatan asma adalah mengontrol gejala asma itu sendiri, dan untuk mencegah serangannya adalah dengan menghindari kontak dengan faktor pencetus serangan asma yang pasti berbeda-beda setiap orang” Ujar dr. Fajar Raditya saat Seminar Awam di waktu yang sama.Secara umum obat asma dibagi menjadi dua golongan yaitu obat pengontrol asma yang berfungsi mencegah serangan asma dan obat pelega asma yang berfungsi menghilangkan sesak serta gejala asma lainnya saat serangan.“Pasien asma tetap harus menjalani pengobatan sampai penyakit asma terkontrol dengan baik. Penyakit asma dapat dikatakan sembuh apabila gejalanya terkontrol dengan baik. Namun ada kemungkinan jika terpapar dengan faktor pencetus, gejala tersebut dapat timbul meskipun tidak disadari oleh pasien.” Ujarnya dalam sesi diskusi seminar awam tersebut.
 
Selain materi tentang penyakit Asma, seminar tersebut juga memberikan informasi tentang senam khusus pasien asma yang diperagakan oleh Ibu Tari yang merupakan instruktur senam DM, Asma dan Rheumatik.
RS Imanuel Way Halim memiliki perhatian terhadap perkembangan penyakir-penyakit kronis dan terus berupaya mengedukasi masyarakat melalui berbagai kegiatan salah satunya adalah Seminar Kesehatan Awam dengan pembicara dokter spesialis yang kompeten di bidangnya.

 

Fasilitas

  • Area Parkir yang luas
  • Food Court
  • Galeri ATM
  • Bakery
  • Ruang Tunggu Keluarga Pasien
  • Taman yang asri
  • Mini market

Hubungi Kami

RS Imanuel Way Halim

Jl. Soekarno Hatta No.1
Bandar Lampung
 
Telp : 0721-704900
Fax : 0721-704807
 

SMS center:

  • 081379550011
  • 085840637999
 
Email:
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Wednesday the 22nd. Mengasihi semua, melayani semua
Copyright 2012

©